Sunday, May 12, 2013

Langkah Awal Dakwah Nabi Muhammad Saw

       Nabi muhammad Saw. adalah salah seorang warga Bani Hasyim, Suatu kabilah yang ada di suku Quraisy. ia lahir pada ttanggal 12 Rabiul awal tahun Gajah bertepatan dengan tanggal 20 Agustus 570 M dan di besarkan dalam keluarga yang baik-baik hingga menjelang dewasa. pendidikan yang di beri keluarga dan para pengasuh nya membekas di dalam dirinya, sehingga ia menjadi orang yang mendapatkan julukan Al-Amiin, Artinya terpercaya.
       mejelang usianya yang ke 40, di sudah terlalu biasa memisahkan diri dari kehidupan masyarakat, bersemedi atau bertahanus di Gua Hira. Gua Hira merupakan sebuah tempat yang terletak beberapa kilometer dari kota Mekkah. di tempat itu Nabi Muhammad Saw. berusaha menenagkan jiwanya hingga berlama-lama denga cara bertafakur. pada tanggal 17 Ramadan tahun 611 M, malaikat jibril datang ke hadapanya untuk menyampaikan wahyu yang pertama.
       "Bacalah (olehmu) dengan nama Tuhanmu yang telah mencipta. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah . Bacalah dan nama Tuhanmu yang Maha mulia. dia telah mengajar dengan perantaraan pena. di telah mengajar manusia apa yang tidak mereka ketahui"

      Namun Muhammad Saw. tidak mampu melakukan nya. Beliau Menjawab , "Saya tidak bisa membaca." Perintah itu berkali-kali di lakukan, Hingga jibril membaca 5 ayat dari surah Al-Alaq, dan akhirnya Nabi Muhammad Saw. mampu membaca wahyu pertama itu dengan baik.
      Dengan turunya wahyu pertama itu, berarti Nabi Muhammad Saw telah di pilih Allah untuk menjadi nnabi dan rasul. dalam wahu pertama ini Nabi Muhammad Saw. belum mendapat perintah untuk melakukan dakwah islamiyah kepada umat manusia.
      Setelah wahyu pertama itu datang, malaikat jibril lama tidak muncul. sementara Nabi Muhammad Saw. dengan harap-harap cemas menanti turunya wahyu di tempat yang sama. Dalam keadaan bingung itulah kemudian malaikat jibril datang kembali membawa wahyu ke dua yang membawa perintah untuk berdakwah. Wahyu itu adalah Surah Al-Muddatsir: 1-7
     "Hai orang yang berselimut Bangun dan berilah peringatan. Hendaklah engkau besarkan Tuhanmu dan bersihkanlah pakaianmu, tinggalkan perbuatan dosa, dan jangan engkau memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak, dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu bersabarlah.

     Dengan turunnya wahyu ke dua itu, mulailah Rasulullah melakukan dakwah. langkah pertama yang di lakukan adalah berdakwah secara diam-diam di lingkungan sendiri dan di kalangan rekan-rekannya. Oleh karna itu, orang yang pertama menerima dakwahnya adalah keluarga dan para sahabat dekatnya. mulai-mulai istrinya, Siti khadijah menerima ajakan tersebut. lalu sepupunya, Ali Bin Abi Talib. kemudian, Abu Bakar, Sahabat karibnya sejak kanak-kanak. Kemudian zaid, bekas budak yang telah menjadi anak angkatnyaa Ummu Aiman, seorang pengasuh Nabi Muhammad sejak ibunya, Siti Aminah masih hidup
     Di antara sahabat dekat Rasul yang berasil mengajak kawan karibnya untuk menerima dakwah islam adalah Abu Bakar. Abu bakar di kenal sebagai seorang pedagang yag amat luas pergaulannya. melalui beliau banyak orang masuk islam. Di antaranya adalah Usman Bin Affan, Zubair Bin Awwam, Abdurrahman Bin 'Auf, Sa'ad Bin Abi Waqqash, Talhan Bin Ubaidillah Bin Jarrah. Arqam Bin Abi Al-Arqam, dan beberapa penduduk mekkah lainnya. dari Kabilah Quraisy mereka langsung di bawa Nabi Muhammad dan meyatakan ke islamannya. dalam sejarah islama, mereka ini di kenal dengan sebutan As-Sabiqunal Awwalun yaki orang yang pertama memeluk islam.

Begitulah yang bisa Saya sampaikan kepada kalian semua, semoga Bermanfaat.. Amiin.
Dan tunggu postingan saya Berikutnya. :D

2 comments:

  1. thanks infonya gan,sangat bermanfaat
    Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.
    Awal dakwah Nabi muhammad tentu kepada dirinya sendiri terlebih dahulu. Setelah yakin apa yang dibawanya akan membawa manfaat bagi diri Muhammad dan ummatnya maka mulailah Nabi Muhammad melaksanakan Dakwah. nabi Muhammad memiliki Intelektual super super Cerdas dan Sabar.
    Dia memulai sendirian ditengah kejahiliaan dan kesesatan dengan modal sendiri tanpa ada penyandang dana.
    (Bila ingin merasakan bagaimana awal perjuangan Nabi , Coba anda kesuatu daerah nonn muslim dan menetap didaerah itu dan berjuang bagaimana bertahan hidup dan berdakwah menyelamatkan ummat didaerah tersebut. Bagaimana Anda memulainya?
    Itulah gambaran awal dakwah beliau ketika belum ada pengikut termasuk istrinya, tidak ada yang sama pemikiran dengan diri Beliau. Tidak ada yang mau diceramahi karena dianggapnya Nabi lah yang sesat membawa ajaran yang tidak ada di daerah dan jaman itu.Semula para sahabat Nabi awalnya merekapun sesat.)
    Sungguh luar Biasa nabi Muhammad Itu. Nabi muhammad bukan tidak ada salahnya tetapi kesalahannya diampuni Allah.
    Maaf bila terdapat kesalahan. bersambung!
    Wassalamualaikum.

    ReplyDelete